Deteksi Virus dari USB Flashdisk (UFD)

Tidak dipungkiri lagi virus atau keluarganya menyebar dengan pesat dan cepat melalui berbagai media storage, tak terkecuali Flash disk. Media penyimpanan yang super mini ini menjadi pilihan utama pengganti foloppy disk (disket).
Tetapi kebanyakan virus menggunakan media flashdisk sebagai sarana berkembangbiak dan bertransmigrasi. Jadi hati-hatilah ketika menancapkannya di komputer-komputer public seperti warnet, rental maupun komputer orang lain yang mungkin sudah menjadi sarang virus.
Cara terbaik untuk mencegahnya tanyakan dulu pada pemiliknya apakah komputernya terserang virus? Itu juga kalau berani … Cara kedua adalah dengan menjadikan flashdisk ketika mempunyai kemampuan untuk mendeteksi virus ketika ditancapkan.
Sebelumnya kita membutuhkan anti virus yang portable, ringan dan tidak memerlukan proses instalasi. Seperti ClamWin yang dapat diperoleh dari http://www.clamwin.com/. Tempatkan antivirus tersebut pada flashdisk. Selanjutnya ikuti langkah berikut :
Ø Ketiklah baris-baris perintah beriku pada program aplikasi Notepad
[autorun]
Open=clamwin.exe
Action=Buka Anti virus!

Ø Simpan dengan nama Autorun.inf pada flashdisk anda

Lakukan percobaan dengan menancapkan pada sebuah komputer jangan dibukan flashdisk anda tunggi sampai muncul kotak dialog fungsi otomatis



Klick Buka Antivirus !! Lalu Klick OK
Lakukan Scan virus pada komputer, kalau terdapat virus pada komputer maka antivirus akan melaporkan, lalu bersihkan komputer.
Untuk memproteksi file Autorun.inf dari pengaruh virus set atribut read only.

Deteksi Virus dari USB Flashdisk (UFD) Deteksi Virus dari USB Flashdisk (UFD) Reviewed by d2n5r0 on February 04, 2008 Rating: 5

No comments:

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih

Powered by Blogger.