Intalasi Apache Web Server, PHP, dan My SQL

1.1. Instalasi dan konfigurasi server apache
Versi apache yang dipakai adalah versi apache-1.3.26. Software ini dapat didownload langsung dari situs apache yaitu http://www.apache.org . Berikut cara instalasi dan konfigurasi apache pada windows XP Professional.
a. Klik dua kali file instalasi apache untuk memulai instalasi sehingga akan muncul gambar seperti tampak di bawah ini :


Gambar 1.1. Instalasi apache

b. Klik Next untuk melanjutkan instalasi. Kemudian masukkan nama domain server misalnya www.gamelan-online.com dan admin emailnya misal admin@gamelan online.com.


c. Tunggu proses instalasi sampai selesai. Secara otomatis service http server pada komputer akan berjalan. Untuk mengeceknya, buka browser internet explorer dan ketikkan http://localhost/ . Jika muncul tulisan apache berarti proses instalasi berhasil.


d. Tahap selanjutnya adalah konfigurasi server untuk mengaktifkan modul vhost, dan modul rewrite engine. Klik tombol Start > All Programs > Apache HTTP server > Configure apache server > Edit Configuration. Maka akan muncul dokumen pada notepad. Atau jika tidak berhasil atau tidak ada, bisa dilakukan secara langsung dengan browsing ke direktori instalasi apache yang baru saja dilakukan, default direktorinya yaitu /Program Files/Apache Group/apache. Pada direktori tersebut terdapat direktori bernama conf. Buka file httpd.conf yang ada pada direktori conf tersebut.


e. Cari kata vhost maka akan ditemukan penggalan script :

#LoadModule vhost_alias_module modules/mod_vhost_alias.so
Hilangkan tanda # untuk mengaktifkannya.

f. Cari kata rewrite dengan menggunakan fasilitas search pada notepad. Setelah Anda menemukan penggalan script :


#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so
Hilangkan tanda # untuk mengaktifkan perintah tersebut sehingga menjadi :
LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

g. Simpan file tersebut dan restart apache (Start > All Programs > Apache HTTP Server > Control Apache > Restart)

Modul vhost (Virtual Host) nantinya akan digunakan untuk membuat virtual host www.gamelan-online.com pada komputer lokal. Dan modul rewrite akan dimanfaatkan untuk pembuatan sistem template engine dengan htaccess pada gamelan-online dimana setiap dokumen html akan dimasukkan kedalam template.


1.2. Instalasi PHP sebagai modul pada apache
Yang dimaksud dengan instalasi php di sini adalah mengenalkan atau memasangkan modul php kepada apache server. Berikut langkah instalasi php sebagai modul pada apache server :
a. File modul php dari internet biasanya berupa file kompresi baik dalam bentuk zip, rar, tar.gz dan lain sebagainya.


b. Langkah pertama kita ekstrak file kompresi ke direktori yang kita inginkan misalnya c:/php . Berikut isi direktori c:/php dari hasil ekstrak php modul.



Gambar.1.2. Isi direktori php


c. Copy file php.ini-dist, dan paste pada direktori windows. Kemudian rename menjadi php.ini . Lalu buka file tersebut dan edit pada bagian register_globals dari Off menjadi On demikian juga pada bagian output_buffering. Edit pula pada bagian session.save_path dari /tmp ubah menjadi c:/temp yang tentunya direktori c:/temp sudah ada pada komputer kita yaitu untuk menyimpan file session dari setiap koneksi yang dilakukan.


d. Copy file php4ts.dll, paste pada direktori \windows\system32\


e. Edit konfigurasi apache atau file httpd.conf pada server root apache tambahkan baris perintah seperti tertulis di bawah ini :

LoadModule php4_module C:/PHP431/SAPI/php4apache.dll
AddType application/x-httpd-php .php

f. Simpan file httpd.conf tersebut lalu restart apache. Pastikan bahwa apache dan php telah berjalan. Untuk memastikannya kita bisa membuat file php sederhana misalnya :

simpan file dengan nama info.php pada dokumen root server, lalu panggil pada browser dengan alamat http://localhost/info.php . Jika php telah berjalan maka akan tampil halaman web seperti tampak pada gambar 1.3.



Gambar 1.3. phpinfo

1.3. Pembuatan virtualhost www.gamelan-online.com


Salah satu kelebihan apache yaitu adanya modul virtualhost sehingga pada komputer lokal kita bisa membuat nama domain atau host sesuai keinginan kita. Pada contoh dibawah ini akan dijelaskan pembuatan virtualhost dengan nama domain www.gamelan-online.com pada platform windows XP Proffesional.
a. Buat direktori untuk menyimpan dokumen web misalnya pada c:/gamelan . Direktori inilah yang disebut sebagai dokumen root dari situs gamelan-online.


b. Edit konfigurasi apache dan tambahkan baris perintah di bawah ini :
ServerAdmin admin@gamelan-online.com DocumentRoot c:/gamelan ServerName www.gamelan-online.com Options Indexes FollowSymLinks MultiViews AllowOverride All Order allow,deny Allow from all

c. Edit juga pada bagian
# NameVirtualHost *
Hilangkan tanda #-nya dang anti tanda * menjadi ip local 127.0.0.1 sehingga menjadi :
NameVirtualHost 127.0.0.1


d. Buka file hosts yang terletak pada direktori \WINDOWS\system32\drivers\etc . Tambahkan nama domain www.gamelan–online.com dengan ip 127.0.0.1. File hosts ini akan berfungsi sebagai DNS yang akan mengarahkan nama domain www.gamelan-online.com ke IP lokal 127.0.0.1 .
e. Jangan lupa untuk menyimpan kedua file tersebut kemudian restart apache. Tes hasil konfigurasi dengan memanggil URL http://www.gamelan-online.com pada browser.


1.4. Instalasi database MySql
MySql yang digunakan adalah versi Mysql-3.23.55. Instalasi MySql pada windows NT sangat mudah hanya mengikuti petunjuk yang disampaikan pada saat instalasi. Yang harus diperhatikan adalah direktori tempat Anda menginstal MySql. Secara default direktori tersebut berada pada c:/mysql. Jika menginstal pada direktori tersebut maka tidak perlu ada konfigurasi yang lain. Kecuali jika menginstal pada default direktori, maka yang harus dilakukan adalah mengedit file my.ini pada direktori Windows dan arahkan MySql direktori pada direktori instalasinya.
MySql adalah program service yang berjalan dibelakang layar (Background Service / daemon). Sehingga meskipun instalasi telah selesai seakan tidak ada program baru. Untuk menjalankan daemon Mysql, klik dua kali pada file winmysqladmin.exe yang berada pada direktori mysql/bin. Jika MySql telah berjalan maka akan muncul gambar icon try pada taskbar komputer seperti pada gambar 1.4. dengan lampu berwarna hijau.



Gambar 1.4. Icon Try MySql

1.5. Instalasi MySql-Front
Instalasi MySql bersifat optional karena software ini hanya akan mempermudah dalam pembuatan dan pengeditan database MySql secara langsung. Lakukan instalasi sesuai petunjuk hingga selesai. Untuk koneksi pertama kali perlu membuat koneksi baru dengan username root tanpa password

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Intalasi Apache Web Server, PHP, dan My SQL"

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih