Konsep Framework : Apa itu MVC?

Konsep Framework : Apa itu MVC?



www.mediatronika.com - Konsep Framework : Apa itu MVC?

Model-View-Controller (MVC) adalah pola arsitektur yang memisahkan aplikasi menjadi tiga komponen logis utama: Model (model), View (tampilan), dan Controller (kontroler). Masing-masing komponen ini dibangun untuk menangani aspek pengembangan aplikasi tertentu. MVC adalah salah satu kerangka pengembangan web standar industri yang paling sering digunakan untuk menciptakan proyek yang terukur dan dapat diperluas.

Komponen MVC

Konsep Framework : Apa itu MVC?
Konsep Framework : Apa itu MVC?


Model

Komponen Model menghubungkan semua data-related logic yang digunakan pengguna. model dapat mmpresentasikan data yang sedang ditransfer antara komponen View and Controller atau data logika bisnis lainnya. Misalnya, objek Pelanggan akan mengambil informasi pelanggan dari database, memanipulasinya dan memperbaruinya kembali ke database atau menggunakannya untuk merender data.


View

Komponen View digunakan untuk semua logika UI aplikasi. Misalnya, tampilan Pelanggan akan mencakup semua komponen UI seperti kotak teks, dropdown, dan lain-lain yang berinteraksi dengan end-user.

Controller

Controller bertindak sebagai penghubung antara komponen Model dan View untuk memproses semua logika bisnis dan permintaan yang masuk, memanipulasi data menggunakan komponen Model dan berinteraksi dengan Views untuk menghasilkan output akhir. Misalnya, Controller Pelanggan akan menangani semua interaksi dan masukan dari Tampilan Pelanggan dan memperbarui basis data menggunakan Model Pelanggan. Kontroler yang sama akan digunakan untuk melihat data Pelanggan.

Konsep Framework : Apa itu MVC?
Konsep Framework : Apa itu MVC?


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Konsep Framework : Apa itu MVC?"

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih