Top Ad unit 728 × 90

Interfacing Port Paralel Komputer

Baca Juga

Interfacing Port Paralel Komputer



ngebrowse.blogspot.co.id - Interfacing Port Paralel Komputer



Paralel port adalah port yang paling banyak digunakan dalam interfacing dengan berbagai macam peralatan eksternal. Secara umum paralel port terdiri dari 4 jalur kontrol, 5 jalur status dan 8 jalur data seperti ditunjukkan pada gambar di bawah. Hubungan pengkabelan yang umum digunakan yaitu konektor tipe DB25 seperti ditunjukkan dalam Gambar. Konektor DB25 merupakan konektor yang paling banyak dijumpai pada paralel port PC, sedangkan konektor centronic dijumpai pada printer.

Pin Port Paralel
Pin Port Paralel




Paralel port yang telah distandarisasi dibawah standard IEEE 1284, pertama diperkenalkan pada tahun 1994. Standard tersebut didefinisikan dalam 5 mode operasi, yaitu:
1.
 Mode kompabilitas (Compability Mode)
2.
 Mode 4 bit (Nibble Mode)
3.
 Mode 8 bit (Byte Mode)
4.
 Mode parallel port lanjutan (Enhanced Paralel Port-EPP)
5.
 Mode kapabilitas diperluas (Extended Capability Port-ECP)

Tujuan dari standar yang baru tersebut ialah untuk mendesain driver dan peralatan yang baru yang kompatibel dengan peralatan lainnya serta standar paralel port sebelumnya (SPP) yang diluncurkan tahun 1981. Mode  Compatibilitas, nibble dan byte  digunakan sebagai standar perangkat keras yang tersedia di port paralel  dimana EPP dan ECP membutuhkan tambahan hardware agar dapat berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Mode kompatibilitas atau (“Mode Centronics” ) hanya dapat mengirimkan data pada arah maju pada kecepatan 50 kbytes per detik hingga 150 kbytes per detik. Untuk menerima data, mode harus diubah menjadi mode nibble atau byte. Mode nibble dapat menerima  4 bit (nibble) pada arah yang mundur, misalnya dari alat ke computer. Mode byte  menggunakan fitur bi-directional parallel untuk menerima 1 byte (8 bit) data pada arah mundur. IRQ (Interrupt Request ) pada port parallel  biasanya pada IRQ5 atau IRQ7.



Port paralel Extend dan Enhanced menggunakan  hardware tambahan untuk membangkitkan dan mengatur handshaking. Untuk mengeluarkan 1 byte ke printer menggunakan mode kompatibilitas.
Hal ini membatasi kecepatan data. Sedangkan  EPP dan ECP mengizinkan hardware mengecek jika printer sibuk dan mengeluarkan sinyal strobe  atau handshaking lainnya. Ini berarti hanya 1 instruksi I/O yang harus dilakukan yang akan meningkatkan kecepatan Port ECP juga mempunyai kelebihan menggunakan saluran DMA dan buffer FIFO, jadi data dapat digeser tanpa menggunakan instruksi I/O.
Protokol  EPP mempunyai 4 macam siklus transfer data yang berbeda yaitu :
1.      Siklus baca data (Data read)
2.      Siklus baca alamat (Address Read)
3.      Siklus tulis data (data write)
4.      siklus tulis alamat (address write)

Siklus data digunakan untuk mentrasfer data antara host dan peripheral.  Siklus alamat digunakan untuk mengirimkan alamat, saluran (channel) atau informasi perintah dan control.



Konfigurasi Parallel port





Port Paralel Dan Visual Basic 6.0

Visual Basic adalah salah satu development tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan windows. Dalam pemngembangan aplikasi,visual basic mengedepankan pendekatan visual untuk merancang user interface dalam bentuk form dan untuk kodingnya menggunakan bahasa basic yang mudah dipelajari.
Pada pemrograman visual ,pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukan user interface,kemudian mengatur property dari objek-objek yang digunakan dalam usert interface dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menanganani kejadian-kejadian (event).
Langkah awal dari belajar visual basic adlah mengenal IDE (Integrated Development Environment).Dengan menggunakan IDE programmers dapat membuat user interface,melakukan koding,melakukan testingdan debugging serta mengkopilasi program menjadi executable.
Program VB interfacing dengan hardware melalui Paralel Port dalam 2 cara :
1.    Interfacing via Printer Port
2.    Interfacing melalui Card I / O IC 8.255
Sebelum kita melangkah lebih jauh terlebih dahulu kita harus melakukan setting awal terhadap program yang akan kita buat.Karena Visual Basic memiliki suatu keterbatasan   dimana program yang akan kita buat dengan Visual Basic tidak akan dapat mengakses hardware secara langsung dalam sistem operasi windows.
Oleh karena itu kita membutuhkan program eksternal untuk melakukan pengaksesan hardware secara langsung pada program kita. Program itu dapat kita buat sendiri ataupun dapat langsung mengambilnya dari file yang banyak tersedia. Salah satunya file Inpout32.dll.
Setelah kita Download file tersebut selanjutnya tinggal kita ekstrak file itu dan copikan ke sistem ataupun sistem32 atau anda cukup menyimpannya pada folder yang sama dengan program yang akan kita buat.
Untuk menggunakan file ini kita terlebih dahulu harus mendeklarasikan pada sebuah form atau dapat juga pada jendela code.
Seperti dibawah ini jika kita menggunakan modul:


Public Declare Function Inp Lib "inpout32.dll" _
Alias "Inp32" (ByVal PortA
ddress As Integer) As Integer
Public Declare Sub Out Lib "inpout32.dll" _
Alias "Out32" (ByVal PortAddress As Integer, ByVal value As Integer)

Jika di jendela code kita deklarasikan seperti ini
:
Private Declare Function Inp Lib "inpout32.dll" _
Alias "Inp32" (ByVal PortAddress As Integer) As Integer
Private Declare Sub Out Lib "inpout32.dll" _
Alias "Out32" (ByVal PortAddress As Integer, ByVal value As Integer)


Silahkan sesuaikan nilai berikut max-results=5
Interfacing Port Paralel Komputer Reviewed by d2n5r0 on May 11, 2017 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Trik n Tips Komputer © 2014 - 2015

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.