10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula



www.mediatronika.com - 10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula


Sebagai pemula pada sistem operasi Linux Apakah Anda bingung untuk memilih distro Linux yang cocok untuk pemula?

Merupakan sesuatu yang membingungkan bagi seorang newbie untuk memilih distribusi Linux pertamanya. Karena Linux memiliki karakter yang berbeda sesuai untuk kebutuhan dan tujuannnya, menemukan yang sempurna merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu dan penelitian.

Karena Anda akan memulai perjalanan Anda di dunia Linux, dan Anda memerlukan distro Linux terbaik untuk para pemula, inilah beberapa pilihan terbaik.

Seperti yang Anda tahu, salah satu fitur terbesar distro Linux dibandingkan OS populer lainnya adalah Anda bisa menjalankan boot Linux tanpa menginstalnya ke komputer Anda. Jadi cobalah setiap distribusi yang terdaftar di bawah ini dan pilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Distro Linux Terbaik untuk Pemula

1. Ubuntu:

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Pertama adalah Ubuntu, yang saat ini yang paling populer adalah distribusi Linux untuk pemula dan juga bagi pengguna berpengalaman. Ubuntu adalah satu-satunya distro Linux yang bahkan teknisnya tidak ketahui. Namun dibangun memiliki siklus rilis yang lebih teratur.

Ubuntu menyediakan installer yang mudah dan sederhana. Muncul dengan semua aplikasi penting, seperti perkantoran, perambaan (browser), email dan aplikasi media yang telah terpasang sebelumnya dan ribuan permainan dan aplikasi tersedia di Ubuntu Software Center.

Seperti yang sudah kita katakan Ubuntu adalah nama populer di komunitas Linux, jadi jika Anda mengalami masalah, Anda mungkin bisa melakukan pencarian web dan menemukan bantuan dari seseorang yang telah menghadapi dan memecahkan masalah yang sama dengan bantuan sejumlah besar dokumentasi yang tersedia secara online.

2. Linux Mint

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Linux Mint, adalah distro Linux populer lainnya untuk pemula berbasis Ubuntu. Itu berarti, dengan menginstal Linux Mint Anda mendapatkan sistem dasar Ubuntu yang sama dengan sesuatu yang lebih elegan dan anggun dari pada induknya.

Linux Mint sering terasa lebih populer di kalangan pengguna desktop vokal Linux secara online. Selain itu, ia menyediakan pengalaman out of the box lengkap dengan menyertakan plugin browser, dukungan untuk pemutaran DVD, Java dan komponen lainnya. Linux Mint juga menambahkan desktop dan menu khusus, beberapa alat konfigurasi unik, dan antarmuka penginstalan paket berbasis web. Linux Mint kompatibel dengan repositori perangkat lunak Ubuntu.

3. Elementary OS

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Elementary OS - yang cantik, dan salah satu distro Linux pemula yang paling sederhana berbasis Ubuntu. Terinspirasi oleh MacOS, distro menempatkan penekanan besar pada desain dan dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi pengguna.

Beberapa fitur yang lebih menarik mencakup lingkungan desktop khusus yang disebut Pantheon dan banyak aplikasi khusus termasuk Foto, Musik, Video, Kalender, Terminal, File, dan banyak lagi. juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang familiar seperti web browser Epiphany dan Fork of Geary mail.

4. Zorin OS

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Zorin OS adalah distro Linux berbasis Ubuntu untuk pengguna baru dengan antarmuka mirip Windows. Jadi jika Anda berencana untuk bermigrasi dari Microsoft Windows ke Linux, Zorin OS adalah pilihan yang tepat.

Dan juga, Zorin OS hadir dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna menjalankan banyak program Windows. Tujuan utama distribusi adalah untuk menyediakan alternatif Linux untuk Windows dan membiarkan pengguna Windows menikmati semua fitur Linux tanpa komplikasi.

5. Pinguy OS

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Pinguy OS
adalah distribusi berbasis Ubuntu lainnya yang ditargetkan untuk pengguna Linux awal. Banyak orang yang berasal dari latar belakang Windows atau Mac akan menemukan banyak fitur yang familiar dan beberapa fitur baru yang tidak tersedia di Windows atau Mac.

Perangkat ini dilengkapi berbagai perangkat tambahan yang mudah digunakan, dukungan out-of-the-box untuk codec multimedia dan plugin peramban, antarmuka pengguna GNOME yang sangat tweak dengan menu, panel, dan dock bar yang canggih, dan pilihan aplikasi desktop populer untuk banyak komputasi umum.

6. Manjaro Linux

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Manjaro adalah distribusi Linux, berbasis pada Arch Linux. Ini adalah sistem operasi yang berorientasi pada desktop yang cepat dan user-friendly.

Bagi pendatang baru, installer yang user-friendly disediakan, dan sistem itu sendiri dirancang untuk bekerja sepenuhnya "straight out of the box" dengan fitur termasuk deteksi perangkat keras otomatis, model rolling-release yang stabil, kemampuan untuk menginstal beberapa kernel, Bash Script khusus untuk mengelola driver grafis dan konfigurabilitas desktop yang luas.

7. Solus

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Solus
adalah distribusi Linux desktop pemula yang friendly. Dibangun seluruhnya dari nol, tidak memiliki 'upstream source' dan menargetkan arsitektur x86 dan x64.

Solus menawarkan banyak aplikasi untuk meningkatkan pengalaman desktop. Beberapa di antaranya adalah Firefox, Thunderbird, aplikasi pengelola file Nautilus, Rhythmbox Music Player dan VLC. Ini adalah distro Linux yang sempurna untuk para pemrogram dan pengembang karena mendukung beragam editor, bahasa pemrograman, kompiler, dan sistem kontrol versi, serta teknologi penataan / virtualisasi seperti Docker dan Vagrant.

8. Deepin

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Deepin adalah distribusi berbasis Debian yang anggun dan mudah digunakan. Seperti OS dasar, deepin merupakan distro Linux yang menarik secara visual untuk pemula.

Aplikasi Home nya, seperti Deepin Software Center, DMusic dan DPlayer disesuaikan dengan rata-rata pengguna. Mudah untuk menginstal dan menggunakan, deepin bisa menjadi alternatif Windows yang baik untuk keperluan kantor dan rumah.

9. Linux Lite

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Linux Lite
adalah distribusi Linux pemula yang friendly berdasarkan rilis Ubuntu’s long-term support (LTS). Terutama menargetkan pengguna Windows, Linux Lite menyediakan serangkaian aplikasi lengkap untuk membantu pengguna dengan kebutuhan komputasi sehari-hari mereka, termasuk perkantoran lengkap, pemutar media dan perangkat lunak harian penting lainnya.

Mudah dipasang dan digunakan, dan proyek ini menawarkan banyak dokumentasi yang friendly pemula. Linux Lite menyediakan keseimbangan kecepatan, keramahan, fitur, dan stabilitas yang baik.

10. PCLinuxOS

10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula
10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula

PCLinuxOS adalah sistem operasi berbasis Linux yang mudah digunakan. Distribusi dilengkapi dengan dukungan out-of-the-box untuk banyak kartu grafis dan suara populer, serta perangkat periferal lainnya.

Installer grafis yang mudah digunakan membuat proses instalasi bebas masalah bagi pengguna Linux baru dan distribusinya mendukung berbagai aplikasi populer untuk pengguna desktop biasa, termasuk plugin browser dan pemutaran multimedia penuh. PCLinuxOS juga memiliki dukungan tambahan untuk lebih dari 85 bahasa melalui antarmuka Addlocale sederhana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Distro Linux Terbaik untuk Pemula"

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih