Apa itu Bitcoin dan Bitcoin Mining? Bagaimana cara kerjanya?



www.mediatronika.com - Apa itu Bitcoin dan Bitcoin Mining? Bagaimana cara kerjanya?



Beberapa waktu yang lalu, dunia telah digemparkan oleh serangan Ransomware terbesar yang disebut WannaCry. Para hacker mengenkripsi semua informasi korban dan meminta Bitcoin untuk mendekripsi datanya kembali. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hacker meminta Bitcoin bukan dollar atau euro? Apa yang menhadi pertambangan hacker menggunakan Bitcoin? Apa alasan meminta tebusan Bitcoin?

Pada artikel ini, saya akan membagikan hal yang perlu diketahui tentang Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya.


Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang perbankan virtual di internet yang juga dikenal sebagai 'cryptocurrency'. Bitcoin adalah "mata uang digital terdesentralisasi pertama di dunia". Seorang misterius yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto meluncurkan bitcoin pada tahun 2009. Identitas sebenarnya masih belum diketahui. setelah beberapa tahun berlalu, sekarang banyak orang memiliki pertanyaan tentang bitcoin seperti dari mana asalnya? Apakah legal? Dimana bisa mendapatkannya ?.

Bitcoin adalah koin digital, Anda dapat mengirim melalui internet. Dibandingkan dengan yang lanya, bitcoin memiliki banyak kelebihan diantaranya dapat ditransfer langsung dari orang ke orang lain via internet tanpa pergi ke bank. Artinya biaya transaksi sangat rendah, siapapun bisa menggunakannya di setiap negara, akunnya tidak bisa dibekukan dan tidak ada batasan.

Bitcoin adalah bentuk uang publik digital yang dibuat dengan perhitungan matematis yang teliti dan diawasi oleh jutaan pengguna komputer yang disebut 'miners'. Bitcoin pada dasarnya adalah listrik yang diubah menjadi kode Long String yang memiliki nilai uang. Nilai Bitcoin tunggal telah berfluktuasi secara liar, mencapai level tertinggi sekitar $ 1.000 pada akhir 2013 sebelum jatuh menjadi kurang dari setengah tingkat itu, dan kemudian melambung pada 2016. Pada 2017, nilainya mencapai $ 2500 (per bitcoin)


Bagaimana cara kerja Bitcoin? (Bitcoin Mining)

Banyak pertukaran mata uang di Internet dimana Anda bisa membeli dan menjual bitcoin. Koin Anda disimpan di dompet digital Anda di komputer atau perangkat seluler atau dompet online. Mengirim dan menerima Bitcoin semudah mengirim dan menerima email, Anda dapat membeli apapun dengan Bitcoin.

Apa itu Bitcoin dan Bitcoin Mining? Bagaimana cara kerjanya?
Apa itu Bitcoin dan Bitcoin Mining? Bagaimana cara kerjanya?

Bitcoin didukung oleh jaringan komputer peer-to-peer yang terdiri dari mesin pengguna, mirip dengan jaringan yang mendukung BitTorrent, sistem file-sharing, dan Skype, layanan audio, video dan chat. Bitcoin dihasilkan secara matematis karena komputer dalam jaringan ini melakukan tugas pemecah angka yang sulit, sebuah prosedur yang dikenal sebagai "Bitcoin Mining".

Untuk menggunakan Bitcoin, Anda perlu menginstal dompet (wallet) Bitcoin. Setelah memasang dompet Bitcoin di komputer atau ponsel Anda, ini akan menghasilkan alamat Bitcoin pertama Anda dan Anda dapat membuat lebih banyak kapan pun Anda memerlukannya. Anda bisa menginformasikan alamat Anda ke teman Anda sehingga mereka dapat membayar Anda atau sebaliknya. Ini sangat mirip dengan cara kerja email tapi Anda dapat menggunakan satu alamat bitcoin sekaligus.

Sistem bitcoin dijamin oleh individu yang disebut Bitcoin Mining. Pekerja (wokrers) atau penambang (miners) dibayar bitcoin yang baru dibuat untuk memverifikasi transaksi. Semua transaksi setelah diverifikasi dicatat dalam catatan publik yang transparan. Matematika sistem Bitcoin telah disiapkan sehingga menjadi semakin sulit untuk "Miners" Bitcoin dari waktu ke waktu, dan jumlah yang dapat ditambang dibatasi hingga sekitar 21 juta. Oleh karena itu tidak ada jalan bagi bank sentral untuk mengeluarkan  flood of new Bitcoins dan men-devalue bitcoin yang sudah beredar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Bitcoin dan Bitcoin Mining? Bagaimana cara kerjanya?"

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih