Apa itu Blue Screen of Death (BSOD)? - Apa Penyebab BSOD dan Bagaimana Memperbaiki BSOD?



www.mediatronika.com - Apa itu Blue Screen of Death (BSOD)? - Apa Penyebab BSOD dan Bagaimana Memperbaiki BSOD?



Blue Screen of Death atau disingkat dengan BSOD adalah mimpi buruk bagi setiap pengguna Windows. BSOD terjadi ketika sistem Windows kita menemukan masalah penting dengan baik karena perangkat lunak yang rusak atau perangkat keras yang salah. Blue Screen Error dihasilkan dari kernel dan merupakan komponen utama Windows yang menghubungkan antara aplikasi dan perangkat keras.

Sesuai namanya, Blue Screen of Death - ditampilkan dengan latar belakang biru dengan kode kesalahan BSOD. Kode kesalahan ini akan membantu kita menemukan penyebab kesalahan ini. Saat Blue Screen of Death terjadi, sistem operasi mencapai kondisi dimana tidak bisa beroperasi dengan aman karena sering terjadi sistem crash.

Meskipun bukan pada nama resminya, BSOD juga kadang-kadang disebut dengan BSoD (dengan huruf "o" kecil), Blue Screen of Doom, system crash, bug check screen, kernel error, stop error or simply blue screen error.

Blue Screen of Death pertama kali muncul di Windows 1.0 namun hanya ditampilkan omong kosong dengan latar belakang biru. Setelah peluncuran Windows 3.0, Microsoft mulai menampilkan Blue Screen of Death dengan informasi rinci tentang kode kesalahan BSOD. Blue Screen of Death di Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 menyertakan emoticon yang menyedihkan.

Apa itu Blue Screen of Death (BSOD)? - Apa Penyebab BSOD dan Bagaimana Memperbaiki BSOD?
Bluescreen of Death pada Windows 7 dan Windows 10

Apa Penyebab Blue Screen of Death (BSOD)

Seperti yang telah kita sebutkan blue screen error terjadi saat Microsoft Windows menghadapi masalah kritis dengan driver atau perangkat lunak yang rusak atau perangkat keras yang salah. Dan setiap kode kesalahan BSOD memberi informasi yang akan membantu kita memecahkan masalah tersebut.

Inilah daftar kode kesalahan BSOD umum yang akan memberi tahu apa yang menyebabkan sistem operasi Windows Anda menjadi Blue Screen of Death.

Daftar Kode Kesalahan Blue Screen of Death (BSOD) :

  • HAL_INITIALIZATION_FAILED - ini adalah kesalahan BSOD sementara yang ditunjukkan pada sistem yang lebih tua saat bangun dari tahap sleep.
  • KMODE_EXCEPTION_NOT_HANDLED - ini memberitahu ada masalah driver atau ketidakcocokan.
  • UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP - berarti ada kegagalan atau konflik perangkat keras.
  • NTFS_FILE_SYSTEM - ini muncul saat Anda memiliki hard drive yang rusak.
  • IRQL_NOT_LESS_OR_ EQUAL - bisa menjadi kesalahan layanan (service) yang disediakan oleh aplikasi backup atau antivirus.
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA - kesalahan BSOD ini muncul saat perangkat keras baru Anda terasa sulit dijalankan bersamaan dengan driver lama.
  • DATA_BUS_ERROR - adalah masalah dengan memori atau RAM Anda.


Bagaimana Cara Memperbaiki Blue Screen of Death?


Karena Blue Screen of Death disebabkan karena masalah yang berbeda, maka solusinya juga berbeda untuk memperbaiki setiap Blue Screen Error.

Tapi sebelum memperbaiki Blue Screen of Death, pertama, Anda harus menemukan akar penyebab masalahnya. Jadi bagaimana menemukan akar penyebab BSOD itu?

Karena kesalahan layar biru memberi Anda banyak kode kesalahan seperti - "0x00000037, 0x0000003A atau 0x00000035". Anda bisa saja google atau mencari mereka di situs web Microsoft untuk membantu menemukan akar permasalahannya.

Setelah itu di sini adalah cara yang mungkin dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan BSOD dan menyimpan sistem Windows Anda.

1. Boot sistem anda dalam Safe Mode

Mungkin Anda bertanya mengapa saya harus boot komputer saya ke Safe Mode? Karena ketika sebuah sistem bekerja dalam safe mode sistem hanya memuat driver yang penting. Jadi jika driver yang Anda instal menyebabkan Windows Anda Blue Screen, seharusnya tidak terjadi dalam safe mode. Jadi Anda bisa memecahkan masalah dalam safe mode.

2. Apa yang baru saja Anda tambahkan dapat menyebabkan BSOD

Apakah Anda baru saja menginstal perangkat lunak baru atau menambahkan perangkat keras baru atau driver khusus yang telah diunduh atau mengubah pengaturannya? - Mungkin itu penyebab Blue Screen of Death, jadi meng-uninstall kembali mungkin bisa memecahkan masalah ini.

 3. Periksa malware atau virus

Terkadang malware dan virus juga bisa mengakibatkan BSOD. Jadi Jalankan scan virus.

4. Instal driver yang diperbarui

Anda harus selalu menggunakan driver yang diperbarui dengan perangkat Anda karena terkadang perangkat keras tidak kompatibel dengan driver lama menyebabkannya menyebabkan kesalahan layar biru.

5. Lepaskan perangkat keras yang tidak perlu

Hapus semua perangkat keras tambahan yang terhubung ke komputer Anda dan periksalah masalah ini.

6. Cek RAM dan harddisk atau perangkat keras lainnya

BSOD juga bisa disebabkan karena memori yang salah, termasuk RAM dan hard drive. Periksa memori sistem Anda dengan sebuah tool, biasanya disediakan di BIOS untuk memecahkan masalah. Jika masalahnya ada pada perangkat memori atau perangkat keras lainnya, Anda harus berkonsultasi dengan service center untuk menggantinya. Juga, periksa sistem Anda juga tidak terlalu panas.

7. Gunakan system restore

Lakukan pengembalian sistem untuk mengembalikan perangkat lunak sistem kembali ke keadaan sebelumnya jika Anda mengalami Blue Screen of Death baru-baru ini. Jika berhasil maka kesalahan disebabkan karena masalah perangkat lunak.

8. Bersihkan instalasi Windows

Jika metode di atas yang tidak dapat memperbaiki Blue Screen of Death, Bersihkan instalasi sistem operasi Windows. dengan menghapus semua perangkat lunak dan driver sistem dan juga mengatur ulang semua pengaturan.


Meskipun Blue Screen of Death tidak berarti komputer Anda tidak dapat diperbaiki, ini adalah pesan dari Windows untuk memberi tahu kita bahwa ada masalah yang cukup serius sehingga perlu diperbaiki  sebelum Anda dapat menggunakan komputer Anda secara normal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Blue Screen of Death (BSOD)? - Apa Penyebab BSOD dan Bagaimana Memperbaiki BSOD?"

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih