Apa Perbedaan Antara Prosesor 32 Bit dan 64 Bit?

www.mediatronika.com - Apa Perbedaan Antara Prosesor 32 Bit dan 64 Bit?


Saat menginstal Sistem Operasi Anda memiliki pilihan untuk menggunakan versi 32 atau 64-bit. Saat Anda membeli CPU komputer atau smartphone, Anda menemukan bahwa ada prosesor 32 dan 64 bit. Apa bedanya ? Mana yang lebih baik? Apakah Anda benar-benar melihat adanya kelebihan antara satu dengan yang lainnya? Mari kita coba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. 

Komputasi, banyak konsep yang dikaitkan dengan bit, karena bit adalah DNA komputasi, dan semua hal yang berkaitan dengan komputer/digital.

Bit merupakan jumlah minimum informasi karena hanya memiliki dua nilai, 0 atau 1. Ini digunakan untuk menggambarkan keadaan on atau off dari transistor yang membentuk chip, atau juga saat arus masuk atau non-listrik.

Sebuah bit hanya memiliki dua nilai, bahasa komputer adalah bahasa biner. Untuk berkomunikasi dengan mesin komputer, kita harus mengubah huruf dan angka kita menjadi kombinasi unik dari angka nol dan angka 1. Dengan cara ini misalkan angka 123 dikodekan sebagai 1111011, sedangkan huruf A dalam kode ASCII (salah satu metode yang digunakan untuk mengkodekan) adalah 01000001.

Berdasarkan pada jumlah huruf dan angka yang ada, dan masalah teknis lainnya, diputuskan untuk mengelompokkan 8 bit menjadi 8, untuk diformat menjadi satu byte. Pengelompokan ini digunakan tidak hanya untuk dikodekan namun dalam konsep lain seperti ukuran record (semacam kotak transportasi) yang memindahkan data dari satu situs ke situs lainnya dalam sebuah program. Itulah sebabnya kita sekarang memiliki sistem operasi dan prosesor 32-bit (8 x 4) atau 64-bit (8 x 8), selalu kelipatan delapan. Terkadang juga ditulis sebagai 64-bit atau x64.


Evolusi Prosessor


Kita telah melihat bagaimana bit-bitnya dikelompokkan tidak hanya untuk menghitung, tapi juga untuk menafsirkan dari bahasa konvensional yang digunakan dalam pemrograman ke bahasa biner komputer. Saat merancang CPU atau prosesor, sebuat key data adalah ukuran register, yang digunakan untuk mengangkut data antara prosesor dan memori, antara lain. Jumlah bit yang bisa mereka bawa adalah basis prosesor dan menetapkan batasan sebagai memori maksimum yang dapat Anda gunakan, atau data dapat diakses dalam siklus clock CPU. Sebagai contoh, sebuah register 8-bit memungkinkan maksimum 256 kombinasi, jadi Anda hanya bisa mengakses 256 alamat memori kecuali jika Anda menggunakan lebih dari satu record dalam satu waktu. Tapi prosesor memiliki jumlah register yang terbatas untuk tugas yang berbeda, jadi Anda hanya bisa menggunakan satu atau dua untuk mengakses memori.

Home Mikroprosesor pertama diciptakan oleh Intel pada tahun 1971. Intel 4004 adalah prosesor 4 bit dan digunakan dalam kalkulator. Pada tahun 1972 diluncurkan model Intel 8008 yang sudah menggunakan 8 bit, dan merupakan yang pertama yang diperuntukan untuk komputer. Ada 4500 transistor dan bisa menjalankan 200.000 instruksi per detik. CPU 16-bit pertama adalah Intel 8086, yang memunculkan semua arsitektur prosesor x86 yang masih digunakan sampai sekarang dan diluncurkan pada tahun 1978.

Prosesor 32 bit pertama, 80386, dikomersialisasikan pada tahun 1986. 64 bit dipopulerkan dengan CPU DEC Alpha, pada tahun 1992. Semua prosesor PC yang diproduksi dalam 10 tahun terakhir adalah 64 bit.

Penggunaan prosesor 64-bit di smartphone merupakan hal yang baru. yang dimulai dengan iPhone 5S dan prosesor A7-nya pada 2013. Produsen utama seperti Qualcomm atau Samsung juga memiliki prosesor mobile 64-bit.

Apa Perbedaan Antara Prosesor 32 Bit dan 64 Bit?

Bila Anda membeli smartphone atau komputer dan Anda memiliki pilihan untuk memilih antara prosesor 32 atau 64-bit.  Yang mana yang harus Anda pilih?

  • Prosesor 32 bit lebih murah dan sedikit mengkonsumsi daya tapi juga sering kurang bertenaga.
  • Prosesor 32 bit hanya bisa menampung memori sebesar 4 GB. Mereka tidak dapat menggunakan lebih dari 4 GB RAM secara langsung dan dalam banyak kasus tidak dapat menangani file lebih dari 4 GB.
  • Prosesor 64 bit memiliki instruksi 64 bit yang spesifik. Jalankan program lebih cepat jika perangkat lunak dirancang untuk menggunakan kode 64-bit.
  • Di lingkungan mobile, CPU 64-bit dapat menangani enkripsi dengan lebih efisien dan mengatur baterai dengan lebih baik.

Untuk mengetahui apakah prosesor Anda 32 atau 64 bit, Anda harus menggunakan program yang mengidentifikasi perangkat keras peralatan Anda. Di PC Anda bisa menggunakan CPU-Z secara gratis. Di Android Anda memiliki CPU-X. Jika tidak secara eksplisit menunjukkan apakah CPU 64-bit, cari ekstensi atau set instruksi yang menunjukkan dukungan 64-bit.

Apa Perbedaan Antara Prosesor 32 Bit dan 64 Bit?
Apa Perbedaan Antara Prosesor 32 Bit dan 64 Bit?





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Perbedaan Antara Prosesor 32 Bit dan 64 Bit?"

Post a Comment

Silakan Berikan Saran dan Komentar Terbaik Anda. Terima kasih